Sejarah Nebulizer

Alat nebulizer sederhana pertama ditemukan oleh Sales-Girons pada tahun 1858 seorang dokter asal Perancis. Perangkat ini awalnya digunakan untuk menyemprotkan cairan obat cair ke mulut pasien. Alat ini masih sangat sederhana dan belum menggunakan listrik, pegangan pompa dioperasikan seperti pompa sepeda. Ketika pompa ditarik ke atas akan menarik cairan dari reservoir dan ketika ditekan dengan tangan, cairan akan menyemprot melalui alat semacam nozle yang disemprotkan di dekat mulut pengguna.


sejarah nebulizer
Nebulizer pada awal ditemukan

sejarah nebulizer
Nebulizer masa kini 

Pada tahun 1864 nebulizer uap pertama diciptakan di Jerman. Inhaler ini dikenal sebagai "Siegle’s steam spray inhaler", menggunakan prinsip Venturi untuk menyemprotkan cairan obat cair, dan ini adalah cikal bakal dari terapi nebulizer. Pentingnya ukuran tetesan belum dipahami sehingga efektivitas perangkat pertama ini belum terlalu baik. Siegle’s steam spray inhaler terdiri dari pemanas, yang memanaskan air di reservoir menjadi uap yang kemudian bisa mengalir di bagian atas dan ke dalam tabung dicampurkan dengan larutan obat. Pada bagian wadah merubah obat menjadi uap dan pasien menghirup uap ini melalui corong yang terbuat dari kaca.

Sejarah Nebulizer Listrik

Nebulizer listrik pertama diciptakan pada tahun 1930 dan disebut Pneumostat. Dengan perangkat ini cairan obat dirubah menjadi aerosol menggunakan kompresor listrik. Namun pada saat itu harga alat ini masih sangat mahal sehingga kebanyakan orang pada tahun 1930 an masih terus menggunakan nebulizer manual yang digerakkan oleh tangan dan jauh lebih sederhana dan murah yang dikenal sebagai Glaseptic Parke-Davis.

Pada tahun 1956 nebulizer berteknologi lebih maju  diluncurkan oleh Riker Laboratorium (3M) dalam bentuk inhaler bertekanan dengan dosis yang terukur menggunakan pendorong gas propelan yaitu Freon atau HFA.

Nebulizer Ultrasonic

Pada tahun 1964 diperkenalkan nebulizer elektronik tipe baru Yang disebut ultrasonik nebulizer. Hari ini teknologi nebulizing tidak hanya digunakan untuk tujuan medis. Gelombang ultrasonik nebulizer juga digunakan dalam pelembab ruangan, yaitu semprotan aerosol yang keluar air untuk melembabkan udara kering pada bangunan.

Pada masa kini nebulizer sudah semakin canggih, dengan harga yang terjangkau, mudah digunakan dan efektivitasnya juga semakin baik. Ada nebulizer mini yang bentuknya portabel dengan menggunakan baterai yang bisa dicharge seperti halnya HP, bisa digunakan dimanapun dan kapanpun misalnya dalam perjalanan.



Terima kasih untuk Like/comment FB :