Cara Kerja Alat Nebulizer

Nebulizer merupakan salah satu terapi inhalasi. Terapi inhalasi adalah sistem pemberian obat dalam bentuk partikel aerosol melalui saluran napas dengan cara menghirup obat dengan bantuan alat tertentu. Sasaran terapi inhalasi yang utama adalah saluran napas atas dan saluran napas bawah. Target sasaran ini termasuk mukosa dan ujung reseptor neuron di dalamnya. Terdapat berbagai macam bentuk obat atau cara pemberian terapi inhalasi, seperti bentuk aerosol, yang biasanya dikemas dalam bentuk Inhalasi Dosis Terukur dan biasa disebut Metered Dose Inhaler (MDI), DPI atau Dry Powder Inhalation yang dapat berbentuk Turbohaler, rotahaler, atau diskhaler. Bentuk lainnya adalah cairan yang dapat berupa solutio atau suspensi.



cara kerja alat nebulizer
 Terapi pengobatan nebulizer pada anak

cara kerja alat nebulizer
Nebulizer Omron NE-C29


Terapi nebulizer merupakan bagian dari fisioterapi paru (chest physiotherapy).Tepatnya, cara pengobatan dengan memberi obat dalam bentuk uap secara langsung pada alat pernapasan menuju paru. Sejak ditemukannya nebulizer pada tahun 1859 di Perancis, nebulizer menjadi pilihan terbaik pada kasus-kasus yang berhubungan dengan masalah inflamasi atau obstruksi bronkus seperti pada penderita asma atau PPOK (Penyakit Paru Obstruksi Kronis).


Keuntungan pengobatan Nebulizer

Sebagai bronkodilator, terapi ini memberikan onset yang lebih cepat dibandingkan obat oral atau intravena. Terapi inhalasi pertama kali memang ditujukan untuk target sasaran di saluran napas. Terapi ini lebih efektif, kerjanya lebih cepat dan dosis obatlebih kecil, sehingga efek samping ke organ lain lebih sedikit. Sebanyak 20-30% obat akan masuk di saluran napas dan paru, sedangkan 2-5% mungkin akan mengendap di mulut dan tenggorokan.

Pemberian obat dalam bentuk inhalasi ini ditujukan untuk memberikan efek lokal yang maksimal dan memberikan efek samping yang seminimal mungkin. Cara bekerja Nebulizer adalah dengan penguapan. Jadi obat-obatannya diracik (berupa cairan), dimasukan ke tabungnya lalu dengan bantuan listrik menghasilkan uap yang dihirup dengan masker khusus. Tidak ada bau apa-apa, jadi rasanya seperti bernapas biasa. Trapi penguapan sekitar 5-10 menit, 3-4 kali sehari (seperti jadwal pemberian obat). Dapat dipakai sejak bayi 0 bulan, anak-anak (toddler/kids) hingga dewasa.


Cara kerja alat nebulizer

Nebulizer digunakan dengan cara menghirup larutan obat yang telah diubah menjadi bentuk kabut. Nebulizer sangat cocok digunakan untuk anak-anak, usia lanjut dan mereka yang sedang mengalami serangan asma parah. Dua jenis nebulizer berupa kompresor dan ultrasonic. Tidak ada kesulitan sama sekali dalam menggunakan nebulizer, karena pasien cukup bernapas seperti biasa dan kabut obat akan terhirup masuk ke dalam paru-paru. Satu dosis obat akan terhirup habis tidak lebih dari 10menit.

Contoh produk yang bisa digunakan dengan nebulizer: 
  1. Bisolvon solution
  2. Pulmicort respules
  3. Ventolin nebulas

Nebulizer untuk anak

Anak-anak usia kurang dari 2 tahun membutuhkan masker tambahan untuk dipasangkan ke nebulizer. Untuk memberikan medikasi secara langsung pada saluran napas untuk mengobati bronkospasme akut, produksi mucus yang berlebihan, batuk dan sesak napas dan epiglottis. Keuntungan nebulizer terapi adalah medikasi dapat diberikan langsung pada tempat/sasaran aksinya seperti paru-paru sehingga dosis yang diberikan rendah. Dosis yang rendah dapat menurunkan absorpsi sistemik dan efek samping sistemik.

Pengiriman obat melalui nebulizer keparu-paru sangat cepat, sehingga aksinya lebih cepat daripada rute lainnya seperti subkutan/oral. Udara yang dihirup melalui nebulizer telah lembab, yang dapat membantu mengeluarkan sekresi bronkus. Pengobatan lewat Nebulizer ini lebih efektif dari obat-obatan minum, karena langsung dihirup masuk ke paru-paru, sehingga dosis yang dibutuhkan pun lebih kecil, otomatis juga lebih aman. Biasanya dipakai untuk anak asma atau yang memang sering batuk pilek berat karena alergi maupun flu.



Oleh : Bidan Rina Widyawati
Sumber : 
  • kimia25.blogspot.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :