Fungsi Nebulizer

Jauh sebelum inhaler yaitu obat asma yang dibuat portabel, pasien masih banyak tergantung pada nebulizer. Nebulizer merupakan alat jenis terapi inhaler yang mengubah obat cair menjadi kabut halus yang mudah dihirup. Hal ini merupakan pengobatan umum untuk asma dan jenis-jenis masalah pernapasan lainnya. Nebulizer berfungsi mengubah obat cair menjadi aerosol atau kabut yang dapat dihirup jauh ke dalam paru-paru.


Nebulizer portable ultrasonic Polygreen

Terapi pengobatan nebulizer pada anak


Nebulizer portabel diciptakan untuk memudahkan penggunaan ketika dalam perjalanan. Nebulizer dapat menggunakan listrik dari baterai atau dihubungkan dengan sumber arus listrik dari mobil. Bentuknya yang mungil membuat nebulizer dapat disimpan dalam tas atau ransel. Bahkan yang lebih simpel obat dapat langsung digunakan tanpa harus diukur atau dicampur.

Fungsi nebulizer untuk anak dan bayi

Nebulizer sering digunakan oleh bayi, anak-anak, orang dengan asma berat, atau orang lain yang mungkin memiliki kesulitan menggunakan perawatan asma lainnya. Hal ini merupakan pengobatan asma yang lebih disukai karena memberikan obat langsung ke paru-paru sehingga obat diserap lebih efektif.
Mesin nebulizer juga dikenal sebagai "alat bantu pernapasan" atau "terapi pernapasan." Nebulizer dapat memberikan baik efek jangka panjang maupun efek jangka pendek dalam  pengobatan penyakit asma. Alat nebulizer menggunakan oksigen bertekanan atau udara dengan menggunakan getaran  ultrasonik untuk memberikan obat-obatan melalui tabung dan masker wajah.

Alat nebulizer umumnya terdiri dari mesin nebulizer, masker, wadah obat dan kompresor. Nebulizer kompresor cenderung berat dan berisik, saat ini beberapa perusahaan telah mengembangkan mesin nebulizer portabel yang lebih kecil, sehingga pasien asma dapat melakukan perawatan nebulizer mereka saat bepergian.

Penggunaan nebulizer

Nebulizer pada umumnya sering digunakan untuk terapi asma. Nebulizer digunakan dengan cara menghirup dengan cara menghirup larutan obat yang telah diubah menjadi bentuk kabut. Nebulizer sangat cocok digunakan untuk anak-anak, usia lanjut dan mereka yang sedang mengalami serangan asma parah.

Tidak ada kesulitan sama sekali dalam menggunakan nebulizer, karena pasien cukup bernapas seperti biasa dan kabut obat akan terhirup masuk ke dalam paru-paru. Satu dosis obat akan terhirup habis tidak lebih dari 10 menit. Anak-anak usia kurang dari 2 tahun membutuhkan masker tambahan untuk dipasangkan ke nebulizer untuk memberikan medikasi secara langsung pada saluran napas untuk mengobati bronkospasme akut, produksi mucus yang berlebihan, batuk dan sesak napas dan epiglottis.

Keuntungan nebulizer terapi adalah medikasi dapat diberikan langsung pada tempat/sasaran aksinya seperti paru-paru sehingga dosis yang diberikan rendah. Dosis yang rendah dapat menurunkan absorpsi sistemik dan efek samping sistemik. Pengiriman obat melalui nebulizer ke paru-paru sangat cepat, sehingga aksinya lebih cepat daripada rute lainnya seperti subkutan atau oral. Udara yang dihirup melalui nebulizer telah lembab, yang dapat membantu mengeluarkan sekresi bronkus.

Nebulizer kini tersedia secara online dan offline di toko-toko alat kesehatan. Dokter Anda akan membantu Anda memilih mesin nebulizer yang tepat, menjelaskan perawatan, penggunaan dan informasi penting lainnya untuk terapi asma Anda.



Oleh : Bidan Sulistia

Sumber:
  • emedicine.medscape.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :