Pertimbangan dalam Memilih Nebulizer yang Baik


Nebulizer adalah alat yang digunakan sebagai terapi inhalasi untuk pengobatan penyakit yang berkaitan dengan masalah gangguan pernapasan. Nebulizer pada umumnya digunakan sebagai alat terapi penyakit asma. Ketika memilih nebulizer untuk penggunaan pribadi, pertimbangkan hal berikut:




Apakah nebulizer yang disetujui untuk pengobatan Anda?


Pastikan nebulizer dan obat-obatan yang sesuai. Periksa Instruksi pasien untuk masing-masing. Anda harus dapat mengenali obat yang anda pakai memang untuk digunakan bersamaan dengan nebulizer.

Seberapa cepat dan efisien mesin nebulizer bekerja?


Efisiensi merupakan fungsi dari desain dan pemeliharaan pengguna, ikuti petunjuk perawatan dan pedoman penggantian alat.

Seberapa bising alat nebulizer mengeluarkan suara?


Pikirkan tentang di mana dan kapan Anda mungkin perlu menggunakan nebulizer. Beberapa model baru dari nebulizer dapat mengeluarkan suara yang tidak bising.

Di mana Anda akan menggunakan nebulizer?


Nebulizer sebaiknya dapat bekerja dengan baik di rumah, nebulizer dengan ukuran yang lebih kecil lebih mudah untuk disimpann di apartemen, kamar asrama dan koper.

Siapa yang akan menggunakan nebulizer?


Bayi, beberapa anak-anak dan pasien tua mungkin memerlukan masker wajah atau mungkin lebih terganggu oleh mesin yang bising. Jika akan digunakan oleh lebih dari satu orang, Anda akan perlu ekstra cangkir nebulizer dan corong.

Seberapa mudah untuk mengatur sistem dan mengukur obat ke dalam nebulizer?


Beberapa nebulizer mungkin rumit untuk digunakan. Pasien orang tua mungkin memiliki masalah visi atau ketangkasan yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk memanipulasi mesin.

Apakah instruksi perawatan nebulizer jelas dan mudah diikuti?


Beberapa unit membutuhkan solusi desinfektan khusus. Semua membutuhkan akses ke air bersih.

Berapa Harga dari unit nebulizer?


Periksa dengan perusahaan asuransi Anda tentang penggantian, baik untuk mesin asli dan aksesoris pengganti. Mengetahui frekuensi dan biaya suku cadang, seperti cangkir, tabung dan filter. Jika unit baterai dioperasikan, mempertimbangkan berapa lama baterai akan bertahan dan berapa banyak pengganti biaya.

Apakah nebulizer tahan lama?


Sistem yang terpisah dan meletakkannya bersama-sama lagi, pengujian kekuatan engsel dan kait. Apakah garansi memungkinkan Anda untuk mengembalikannya jika Anda tidak suka cara kerjanya.

Terdapat dua jenis nebulizer yaitu :

  1. Ultrasonic nebulizer. Alat ini menghasilkan aerosol melalui osilasi frekuensi tinggi dari piezo-electric crystal yang berada dekat larutan dan cairan memecah menjadi aerosol. Keuntungan jenis nebulizer ini adalah tidak menimbulkan suara bising dan terus menerus dapat mengubah larutan menjadi aerosol sedangkan kekurangannya alat ini mahal dan memerlukan biaya perawatan lebih besar.
  2. Jet nebulizer. Alat ini paling banyak digunakan banyak negara karena relatif lebih murah daripada ultrasonic nebulizer. Dengan gas jet berkecepatan tinggi yang berasal dari udara yang dipadatkan dalam silinder ditiupkan melalui lubang kecil dan akan dihasilkan tekanan negatif yang selanjutnya akan memecah larutan menjadi bentuk aerosol. Aerosol yang terbentuk dihisap pasien melalui mouth piece atau sungkup. Dengan mengisi suatu tempat pada nebulizer sebanyak 4 ml maka dihasilkan partikel aerosol berukuran < 5 Ïm, sebanyak 60-80% larutan nebulisasi akan terpakai dan lama nebulisasi dapat dibatasi. Dengan cara yang optimal maka hanya 12% larutan akan terdeposit di paru-paru. Bronkodilator yang diberikan dengan nebulizer memberikan efek bronkodilatasi yang bermakna tanpa menimbulkan efek samping.

Untuk memilih nebulizer berdasarkan jenisnya perlu disesuaikan dengan kebutuhan penderita atau pasien yang akan menggunakan alat tersebut. Jadi mintalah saran dokter dalam pemilihan jenis alat nebulizer tersebut.


Oleh : Bidan Esi Esasi

Daftar Pustaka :
  • medicines.org.uk




Terima kasih untuk Like/comment FB :