Alat Nebulizer

Alat nebulizer adalah sebuah alat yang digunakan untuk merubah obat yang awalnya berbentuk cair menjadi uap atau kabut yang selanjutnya akan dihirup masuk ke dalam paru-paru oleh pasien. Alat nebulizer pada umumnya digunakan untuk pengobatan asma, cystic fibrosis, influenza,PPOK dan penyakit pernapasan yang lainnya.


Alat nebulizer
nebulizer omron NE-C28



Alat nebulizer memiliki banyak jenisnya. Alat nebulizer tersebut dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa dengan cara mengganti masker atau mouthpiece yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam penggunaan alat nebulizer kepada anak-anak maupun dewasa haruslah sesuai dengan dosis obat dan pengaturan kepekatan obat yang dihasilkan, yang pada umumnya terdapat pada setiap alat nebulizer.

Pada umumnya terdapat 2 jenis alat dari nebulizer yang terdapat di pasaran yaitu sebagai berikut:

1. Nebulizer ultrasonik

Nebulizer ultrasonik merupakan alat nebulizer yang menggunakan getaran tertentu untuk mencampur obat dan udara. Hasil yang dikeluarkan oleh alat dari nebulizer ini yaitu uap kabut yang mengandung obat, kemudian uap tersebut dihisap kedalam paru-paru oleh pasien.

Nebulizer ultrasonik ini memiliki kelebihan yaitu suara yang lebih lembut dan partikel yang dihasilkan lebih kecil sehingga akan lebih mudah diserap oleh paru-paru.

2. Nebulizer kompressor

Sesuai dengan namanya, alat dari nebulizer ini menggunakan pompa untuk mendorong udara, kemudian udara tersebut dialirkan melalui selang ke wadah obat. Didalam wadah obat tersebut terdapat campuran antara obat yang berbentuk cairan dan udara sehingga terbentuk uap dan kabut yang kemudian dapat dihirup masuk ke dalam paru-paru oleh pasien. Partikel yang dihasilkan oleh alat dari nebulizer ini cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan nebulizer ultrasonik dan suara yang dihasilkan lebih kasar daripada nebulizer ultrasonik.

Harga Alat Nebulizer

Untuk menemukan alat dari nebulizer sangatlah mudah, kualitas alat nebulizer tersebut sesuai dengan harga yang ditentukan oleh merk dan teknologi yang digunakan serta pembuatannya. Nebulizer yang menggunakan teknologi ultrasonik pada umumnya harganya akan lebih mahal daripada alat dari nebulizer yang menggunakan teknologi kompressor. Kemudian alat nebulizer yang berasal dari merk yang terkenal tentunya akan lebih mahal daripada alat nebulizer yang berasal dari merk yang belum terkenal. Selain tergantung dari merk, harga alat dari nebulizer dapat ditentukan dari asal pembuatan alat tersebut.


Cara menggunakan alat nebulizer

Untuk menggunakan alat dari nebulizer terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Barang-barang yang harus dipersiapkan antara lain sebagai berikut:


  • Obat yang diberikan dokter sesuai dengan dosis yang telah ditentukan
  • Nebulizer cup (cangkir yang digunakan untuk memasukan obat)
  • Masker atau corong mulut
  • Alat dari nebulizer
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menggunakan alat dari nebulizer antara lain sebagai berikut:

  • Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan nebulizer
  • Isi nebulizer cup dengan obat yang telas disediakan sesuai dosis yang yang telah ditentukan oleh dokter.
  • Hubungkan corong atau masker ke nebulizer cup
  • Hubungkan selang dari kompressor ke nebulizer cup
  • Setelah itu, nyalakan alat dari nebulizer
  • Letakkan corong atau masker ke mulut, kemudian bernapaslah dengan mulut (jika menggunakan corong) hingga obat dalam nebulizer cup habis. Pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit sampai obat dalam cup habis.
  • Setelah obat habis, bersihkan nebulizer cup dan corong atau masker dengan air, lalu keringkan untuk dapat digunakan kembali pada pengobatan selanjutnya.
Untuk menggunakan alat dari nebulizer jenis portable, cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan cara diatas, hanya saja jika menggunakan nebulizer portabl Anda tidak perlu menghubungkan alat nebulizer ke listrik karena untuk menjalankannya nebulizer portable menggunakan batrai.






Oleh : Bidan Sulis
Sumber:

  • Alatnebulizer.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :