Ventolin Adalah Obat Asma

Ventolin adalah sebuah obat yang diindikasikan digunakan dalam penanganan dan pencegahan serangan asma. Penanganan rutin bronkospasme kronik yang tidak memberi respon terhadap terapi konvensional, asma berat akut (status asmatikus). Ventolin adalah sebuah obat yang dapat digunakan oleh remaja, orang dewasa, anak usia 4-11 tahun, anak usia diabawah 4 tahun dan bayi atau dengan kata lain ventolin adalah obat yang dapat digunakan bagi semua umur tentunya sesuai dengan dosis yang diberikan kepada masing-masing pasien. Ventolin adalah sebuah obat yang memiliki komposisi salbutamol sulfonate.


Dosis yang danjurkan dalam pemberian ventolin adalah berdasarkan usia


Dalam menggunakan ventolin nebulizer tentunya harus sesuai dengan dosis yang disarankan. Ventolin adalah salah satu jenis obat untuk inhalasi. Inhalasi yaitu sebuah metode atau cara yang dilakukan dalam memberikan obat untuk dihirup oleh pasien agar dapat mudah diserap dan masuk ke dalam paru-paru. Ventolin adalah salah satu obat sebagai nebulizer yang digunakan dalam inhalasi. Dalam menjalankan terapi inhalasi tentunya dengan menggunakan alat nebulizer.

Untuk pemberian ventolin pada anak-anak yang berusia 4-11 tahun, dosis yang diberikan yaitu 2,5 mg sampai 5 mg, diberikan sebanyak 4 kali dalam sehari. Dosis sebanyak 2,5 mg - 5 mg, yang diberikan sebanyak 4 kali sehari diberikan untuk dosis orang dewasa termasuk juga orang tua. Dalam pengawasan medis, peningkatan dosis sampai 40 mg per hari dapat dilakukan pada orang dewasa. Bagi anak-anak yang barusia 12 tahun keatas, dosis yang diberikan sebaiknya sesuai dengan anjuran yang telah diberikan oleh dokter. Untuk pemberian ventolin pada anak-anak yang berusia dibawah 4 tahun sebaiknya tidak terlalu dianjurkan, dikarenakan efek samping yang diakibatkan dari ventolin dapat berbahaya bagi anak-anak dibawah 4 tahun, sebaiknya gunakan obat lain yang memiliki efek samping yang ringan bagi anak-anak. Maka dari itu, lakukanlah konsultasi dengan dokter terlebih dalahulu sebelum menggunakan obat ventolin.

Ventolin adalah sebuah obat yang digunakan murni tanpa adanya campuran. Dalam penggunaan ventolin dalam waktu yang cukup lama sekitar lebih dari 10 menit, maka penggunaan obat ventolin akan dilakukan penambahan cairan dengan menggunakan saline steril normal.

Dalam penanganan untuk mengatasi penyakit asma yang dirasakan telah parah, yang menjadi satu-satunya pengobatan bukan hanya bronkodilator. Dalam mengatasi penyakit asma dapat juga dilakukan metode lain. Salah satu metode yang dinilai lebih efektif untuk mengatasi penyakit asma yaitu dengan menggunakan terapi inhalasi. Terapi inhalasi dinilai lebih efektif dalam mengatasi penyakit asma dikarenakan dalam terapi inhalasi obat yang diberikan berupa uap yang dihirup oleh mulut pasien sehingga masuk ke dalam paru-paru. Dalam terapi inhalasi obat yang deberikan akan langsung tepat sasaran ke objeknya, sehingga dalam pemberian obatnya akan lebih mudah diserap dan penyembuhannya akan lebih cepat.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dalam pemberian ventolin haruslah sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Ventolin dapat digunakan oleh semua umur apabila telah dianjurkan oleh dokter. Dalam pemberian obat ini tentunya harus berada dalam pengawasan medis. Dalam menangani penyakit asma patuhilah setiap anjuran dokter yang disarankan. Selain itu, untuk tidak memperparah gejala penyakit asma yang diderita, hindarilah faktor-faktor yang dapat memperparah terjadinya gejala asma seperti debu. Usahakan lingkungan dimana tempat pasien yang menderita penyakit asma tinggal selalu bersih, bebas dari debu yang dapat menimbulkan terjadinya gejala penyakit asma.







Oleh : Bidan Sulis
Sumber:

  • alatnebulizer.com
  • apotikantar.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :