Alat Uap

Alat uap merupakan sebuah alat yang biasanya digunakan untuk mengatasi gejala penyakit gangguan pernapasan yaitu asma. Alat uap disebut juga sebgai alat nebulizer. Alat uap adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengatasi gejala penyakit asma dengan cara mengubah obat nebulizer yang berbentuk cairan menjadi uap obat yang dapat dihirup oleh pasien. Terdapat berbagai macam alat uap, pada umumnya jenis alat uap dibedakan menjadi 2 yaitu:

  • Alat penguap jenis ultrasonik

Alat penguap jenis ini merupakan alat uap yang banyak digunakan oleh pasien penderita penyakit asma. Alat penguap jenis ultrasonik mencampurkan obat yang berbentuk cairan dengan udara dengan getaran tertentu. Dengan menggunakan alat uap jenis ini, partikel obat yang berupa uap lebih kecil sehingga lebih mudah diserap dan tidak bising selama digunakan.


Alat Uap
nebulizer ABN



  • Alat penguap jenis kompressor

Alat uap jenis ini merupakan sebuah alat penguap yang menggunakan teknologi kompressor dimana udara di dorong menggunakan pompa dialirkan melalui selang kemudian masuk ke dalam wadah obat yang berisi campuran dari cairan obat dan udara yang kemudian diubah menjadi kabut atau uap untuk dihirup oleh pasien. Jika kita bandingkan alat uap jenis ultrasonik, alat ini menghasilkan partikel obat yang jauh lebih besar ukurannya daripada partikel obat yang dihasilkan oleh alat penguap jenis ultrasonik dan suara yang dihasilkan selama pemakaian alat tersebut lebih kasar.

Cara Penggunaan Alat Uap

Untuk menggunakan alat penguap, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Alat penguap atau alat nebulizer
  • Obat yang diberikan dokter sesuai dengan dosis yang telah ditentukan
  • Nebulizer cup (cangkir yang digunakan untuk memasukan obat)
  • Masker atau corong mulut


Langkah-langkah penggunaannya antara lain sebagai berikut:

  • Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan nebulizer
  • Isi nebulizer cup dengan obat yang telas disediakan sesuai dosis yang yang telah ditentukan oleh dokter.
  • Hubungkan corong atau masker ke nebulizer cup
  • Hubungkan selang dari kompressor ke nebulizer cup apabila menggunakan alat uap jenis kompressor.
  • Setelah itu, nyalakan alat nebulizer
  • Letakkan corong atau masker ke mulut, kemudian bernapaslah dengan mulut (jika menggunakan corong) hingga obat dalam nebulizer cup habis. Pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit sampai obat dalam cup habis.
  • Setelah obat habis, bersihkan nebulizer cup dan corong atau masker dengan air, lalu keringkan untuk dapat digunakan kembali pada pengobatan selanjutnya.


Salah satu contoh alat penguap yang terdapat dipasaran yaitu alat nebulizer merk ABN Compamist 1. Alat nebulizer tersebut merupakan salah satu jenis alat nebulizer yang paling banyak digunakan. Alat nebulizer ini menggunakan teknologi kompressor. Ukuran alat penguap ini cukup besar dan menghasilkan partikel yang hasilkan tidak seperti partikel yang dihasilkan oleh alat uap yang menggunakan teknologi ultrasonik. Alat nebulizer merk ABN Compamist 1 ini banyak digunakan oleh para penderita penyakit asma, hal tersebut dikarenakan harganya yang terjangkau. Alat nebulizer ini memiliki harga pasaran yang berkisar antara 450-500 ribuan. Namun, jika Anda berniat untuk membeli alat nebulizer ini, Anda harus membeli masker untuk anak-anak secara terpisah dikarenakan dalam alat ini hanya disediakan masker untuk orang dewasa saja. Selain alat uap merk ABN Compamist 1, masih banyak alat penguap merk lain seperti nebulizer omron NE- C28. Alat nebulizer ini memiliki harga yang lebih mahal daripada alat nebulizer merk ABN Compamist 1.







Oleh : Bidan Sulis
Sumber:

  • alatnebulizer.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :