Dosis Nebulizer

Dosis nebulizer bisa di dapatkan dari resep dokter atau membaca kemasan obat. Namun, untuk lebih akuratnya sebaiknya dosis nebulizer mengikuti resep dokter. Dosis nebulizer biasanya di s esuakan dengan usia penggunaan, misalkan dosis untuk anak – anak biasanya lebih rendah daripada orang dewasa. Berikut merupakan dosis ebulizer yang biasanya, digunakan dalam penggunaan dosis nebulizer, diantaranya:

- Dosis pulmicort

Dosis nebulizer pulmicort untuk anak usia di atas 1 tahun dosis 0,5 mg – 1 mg. (1 ml = 0,25 mg). Obat nebulizer pulmicort ini merupakan kombinasi anti radang dengan obat yang melonggarkan saluran napas. Obat nebulizer pulmicort dapat mengurangi keparahan gejala dan frekuensi eksasebarsi asma. Efek samping yang di timbulkan dari obat ini lebih sedikit daripada menggunakan sistemik kortikosteroid.



 Nebulizer kompresor ABN Compamist

  Nebulizer ultrasonic portabel ABN

  Nebulizer kompresor Omron NE-C28

 Nebulizer ultrasonic portabel Polygreen

Dosis Nebulizer
Nebulizer kompresor Omron NE-C801


- Dosis obat ventolin

Dosis ventolin dengan nebulizer adalah 0,1 – 0,15 mh/kg BB yang diencerkan dalam 2-5 ml NaCl 0,9% dengan interval 20 menit dengan dosis maksimum 5 mg/dosis. Ventolin adalah obat yang memiliki kandungan salbutamo sulfate. Indikasi obat ini yaitu penanganan dan pencegahan serangan asma. Penaganan rutin bronkospasma kronik yang tidak member respon terhadap terapi konvensional asma berat akut. Obat ini memiliki kontradiksi dengan abortus yang mengancam kehamilan trimester 1 dan 2. Penanganan persalinan premature seperti plasenta previa, pendarahan anterpatum atau toksemia gravidarum. Efek samping yang dapat di timbulkan adalah tremor, sakit kepala, takikardi, iritasi mulut dan tenggorokan, keram otot.

Dosis Nebulizer Obat Lainnya


- Dosis obat flexotide

Dosis nebulizer flexotide untuk orang dewasa dan reaja 16> 16 tahun 500 – 2000 mcg 2 kali/ hari. Anak dan remaja 4 – 16 tahun 1000 mcg 2 kali/ hari. Obat nebulizer flexotide meredakan gejala dan akseberasi asma pada penderita yang sebelumnya di terapi dengan bronkodilator saja atau terapi profilaksis lain. Efek samping dari obat ini seperti kandidiasis pada mulut dan tenggorokan, suara serak, reaksis hipersensitivitas pada kulit, bronskospasma paradoksial, supresi adrenal, retardasi pertumbuhan, penurunan densitas mineral tulang, katarak dan glukoma.

- Dosis nacl

Obat nebulizer nachl merupakan obat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak. Pada penderita asma berat setelah terpi inhalasi dengan bronkodilator dapat di lanjutkan dengan nacl 0,9% memakai nebulizer selama 20-30 menit, 3-4 kali sehari.

- Dosis bisolvon cair

Bisolvon cair merupakan obat yang berfungsi untuk mengencerkan dahk. Dosis yang diberikan untuk orang dewasa sebanyak 10 tetes/1 cc, sedangkan dosis untuk anak – anak 2 tetes.

- Dosis atroven

Dosis nebulizer atroven pada orang dewasa > 14 tahun sebanyak 3-4 kali 0,4-2 ml/hari sedangkan untuk anak 6-14 tahun sebanyak 3-4 kali 0,4-1 ml/hari. Obat nebulizer Atrovent merupakan obat yang berfungsi untuk melonggarkan saluran napas, dengan komposisi dari ipratorium bromide. Atrovent adalah antikolinergik yang diberikan dalam bentuk aerosol dan bersifat bronkodilator.

- Dosis brotex

Dosis nebulizer obat brotex pada orang dewasa dan anak > 12 tahun dengan asma akut sebanyak 0,5 ml/10 tetes, sedangkan pada kasus berat berikan dosis sebanyak 1-1,25 ml/ 20 – 25 tetes. Obat nebulizer berotex merupakan obat yang berfungsi untuk melonggarkan saluran napas.

- Dosis inflamid

Inflamid yaitu obat yang bekerja sebaga anti radang yang mengandung benoxaprofen

- Obat combivent

Obat nebulizer combivent merupakan obat yang berisi albuterol (salbutamol) dan ipratropium bromide. Obat nebulizer combivent merupakan obat yang digunakan sebagai terapi pada penyakit saluran napas obstruksi atau sumbatan, seperti penyakit paru – paru obstruksi kronik atau asma. Obat nebulizer ini berkerja dengan melebarkan saluran napas bawah (bronkus).



Oleh : Bidan Esi
Sumber:
  • alodokter.com
  • apotikantar.com
  • klikdokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :