Fungsi Ventolin

Fungsi ventolin pada umumnya digunakan sebagai obat nebulizer. Ventolin merupakan salah satu obat nebulizer yang banyak digunakan. Fungsi ventolin yaitu untuk mengatasi penyakit asma. Fungsi ventolin yaitu sebagai salah satu cara untuk menangani dan mecegah terjadinya serangan penyakit asma. Berdasarkan dari fungsi ventolin tersebut, maka ventolin nebulizer meupakan salah satu obat yang paling sering dierkomendasikan untuk menangani penyakit asma. Fungsi ventolin yang lainnya yaitu untuk mengatasi asma berat akut dan untuk penanganan rutin bronkospasme kronik.

Informasi harga dan pembelian ALAT NEBULIZER klik disini

fungsi ventolin
 Nebulizer portabel ultrasonic Polygreen

fungsi ventolin
 Nebulizer kompresor Philips

fungsi ventolin
 Nebulizer kompresor Omron NE-C801

fungsi ventolin
Nebulizer kompresor ABN

Dalam menggunakan ventolin nebulizer terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunnya yaitu kontra indikasi yang diberikan dari obat ventolin. Kontra indikasi ventolin nebulizer tersebut antara lain yaitu penanganan persalinan prematur seperti plasenta previa, perdarahan antepartum atau toksemia gravidarum. Kemudian efek samping yang dapat diakibatkan dari penggunaan ventolin perlu juga untuk diwaspadai. Adapun efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan ventolin nebulizer antara lain sakit kepala, tremor, iritasi mulut dan tenggorokan, takikardi dan kram otot. Selain itu, terdapat beberapa perhatian yang lainnya yang perlu diperhatikan apabila akan menggunakan ventolin nebulizer yaitu glaukoma sudut tertutup akut, tirotoksikosis, steroid, diuretik dan asma berat akut pada penggunaan bersama dengan derivat xantin.

Pemberian Obat Ventolin dan Fungsi Ventolin

Ventolin nebulizer merupakan obat nebulizer yang memiliki kandungan slabutamol sulfonate yang merupakan β2-agonis selektif. Ventolin nebulizer merupakan obat yang dapat digunakan oleh semua umur, akan tetapi tentunya dosis yang digunakan akan berbeda-beda sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasien. Pada umumnya dosis obat ventolin yang diberikan untuk anak-anak yang berusia 4 – 11 tahun antara 2,5 mg sampai 5 mg yang diberikan sebanyak 4 kali dalam sehari. Kemudian bagi orang dewasa (termasuk orang tua) dosis yang diberikan sebanyak 2,5 sampai 5 mg yang diberikan sebanyak 4 kali sehari dan dosis pemberian obat ventolin tersebut dapat juga ditingkatkan sampai 40 mg dengan catatan harus dibawah pengawasn medis yang dilakukan di rumah sakit. Kemudian dosis yang diberikan bagi anak-anak yang berusia 4 tahun kebawah, pemberian obat nebulizer ventolin tidak terlalu dianjurkan. Untuk lebih memastikan dosis yangs sesuai bagi setiap orang, sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk lebih memastikan dosis yang sesuai. Dokter akan memeberikan dosis tertentu bagi setiap pasien yang membutuhkan obat ventolin untuk mengatasi penyakit asma yang dideritanya.

Obat ventolin merupakan obat yang digunakan untuk terapi inhalasi dimana obat tersebut digunakan dengan menggunakan alat nebulizer. Alat nebulizer tersebut memiliki fungsi untuk mengubah obat nebulizer yang berbentuk cairan menjadi kabut atau uap yang dapat dihirup oleh pasien sehingga dapat membantu dalam melancarkan saluran pernapasan agar menambah leluasa bagi oksigen untuk keluar masuk.

Selain menggunakan obat nebulizer ventolin, masih terdapat obat nebulizer lainnya yang dapat digunakan yaitu:

  • Pulmicort
Pulmicort merupakan obat nebulizer yang memiliki kandungan aktif budesonide. Pulmicort adalah obat nebulizer yang berfungsi untuk melonggarkan saluran pernapasan dan sebagai obat anti radang.

  • Combiven
Combiiven merupakan obat nebulizer yang merupakan obat kombinasi yang memiliki kandungan ipratropium dan salbutamol sulfonate. Obat nebulizer ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan pulmicort yaitu untuk melonggarkan saluran pernapasan.

  • Inflamid
Inflamid yaitu obat nebulizer yang memiliki fungsi sebagai obat anti radang. Obat nebulizer ini memiliki kandungan benoxaprofen.

Dalam menggunakan obat nebulizer merupakan catatan penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat nebulizer.



Oleh : Bidan Sulis
Sumber:
  • alatnebulizer.com
  • apotikantar.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :