Indikasi Ventolin

Indikasi ventolin yaitu untuk menangani dan mencegah serangan penyakit asma. Selain itu, indikasi ventolin yang lainnya yaitu penanganan rutin bronkospasme kronik dan asma berat akut. Berdasarkan indikasi ventolin, obat nebulizer venolin sangatlah cocok untuk digunakan sebagai obat nebulizer untuk menangani serangan asma. Namun, dalam menggunakan ventolin nebulizer untuk mengatasi serangan asma bukan hanya indikasi ventolin saja yang harus diperhatikan. Selain indikasi ventolin, kontra indikasi yang disebabkan oleh obat nebulizer ventolin juga harus duperhatikan. Dalam indikasi ventolin dijelaskan mengenai kegunaan ventolin nebulizer, sedangkan dalam kontra indikasi ventolin disebut beberapa hal yang mesti diperhatikan jika akan menggunakan ventolin nebulizer sebagai obat nebulizer untuk menangani serangan asma. Beberapa kontra indikasi yang dapat disebabkan oleh obat nebulizer ventolin yaitu penanganan persalinan prematur seperti perdarahan antepartum atau toksemia gravidarum, plasenta previa dan abortus yang dapat mengancam selama usia kehamilan menginjak trimester 1 dan 2.

Informasi harga dan pembelian ALAT NEBULIZER klik disini

indikasi ventolin
 Nebulizer kompresor ABN Compamist

indikasi ventolin
  Nebulizer ultrasonic portabel ABN Mesh Neb

indikasi ventolin
 Nebulizer kompresor Omron NE-C28

indikasi ventolin
Nebulizer portable ultrasonik Polygreen


Efek Samping dan Indikasi Ventolin Nebulizer

Selain indikasi ventolin dan kontra indikasi ventolin, dalam menggunakan obat nebulizer ventolin juga harus diperhatikan efek samping yang dapat disebabkan oleh obat nebulizer ventolin ini. Beberapa efek samping yang dapat diakibatkan obat nebulizer ventolin yaitu tremor, sakit kepala, iritasi mulut dan tenggorokan, takikardi, kram otot. Selain itu, terdapat beberapa perhatian yang harus diperhatikan bagi pasien yang akan menggunakan obat nebulizer ventolin ini. Beberapa perhatian yang harus diwaspadai yaitu glaukoma sudut tertutup akut, tirotoksikosis, asma berat akut pada penggunaan bersamaan dengan derivat xantin, steroid dan diuretik, monitor K serum pada kasus hipokalemia, hamil dan laktasi, dan hindari mata terhadap kontak dengan cairan obat dikarenakan hal tersebut dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Ventolin nebulizer merupakan salah satu obat nebulizer yang digunakan dengan menggunakan alat nebulizer. Obat nebulizer ventolin adalah sebuah obat nebulizer yang berbentu cairan murni tanpa ada tambahan zat lainnya. Dalam menggunkan ventolin nebulizer tentunya memerlukan alat nebulizer yang berfungsi untuk mengubah obat nebulizer ventolin yang berbentuk cairan menjadi kabut atau uap yang dapat dihirup oleh pasien yang menderita serangan asma. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, obat nebulizer ventolin merupakan obat yang berbentuk cairan murni, namun terdapat beberapa hal yang dapat menjadikan ventolin nebulizer bukanlah obat yang merupakan cairan murni tanpa adanya zat tambahan. Hal tersebut dikarenakan jika penggunaan obat nebulizer ventolin ini digunakan dalam waktu yang berkepanjangan (lebih dari 10 menit) maka akan ditambahkan cairan tambahan berupa cairan stalin sterin normal. Hal tersebut sangatlah dibutuhkan untuk dilakukan.

Pasien yang menderita penyakit asma dapat menerima bentuk sediaan lain bronkodilator inhalasi short acting untuk meringankan gejala penyakit asma yang dideritanya. Apabila bronkodilator khususnya β2-agonis short-acting inhalasi yang digunakan untuk meringankan gejala mengalami peningkatan, hal tersebut berarti terjadi pengurangan gejala asma. Apabila short acting bantuan bronkodilator menjadi kurang efektif atau efektifitas obat mengalami penurunan sehingga menyebabkan gejala penyakit asma masih terasa, maka lakukanlah konsultasi dengan dokter. Dalam hal ini sebaiknya pasien yang melakukan terapi atau pengobatan ini harus mempertimbangkan kembali terapi yang dijalankannya. Terapi yang dilakukan dapat diperbaiki atau ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan pasien salah satunya seperti dnegan meningkatkan terapi anti-inflamasi. Penyakit asma bukan sebuah penyakit yang baru, penyakit ini telah lama ada dan cukup banyak orang yang menderitanya. Penyakit tersebut dapat disembuhkan apabila pasien dapat melakukan pengobatan yang sesuai dengan anjuran dokter.



Oleh : Bidan Sulis
Sumber:
  • alatnebulizer.com
  • apotikantar.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :