Jenis Nebulizer

Jenis nebulizer bila di dasarkan dari sumber tenaga yang digunakan terdiri dari nebulizer ultrasonik dan nebulizer jet. Perbedaan diantara kedua jenis nebulizer ini terletak pada proses pengubahan obat cai menjadi uap. Pada nebulizet jet menggunakan komponen berupa udara yang dipadatkan untuk mengubah obat cair menjadi obat dalam bentuk uap. Sedangkan untuk nebulizer ultrasonik menggunakan gelombang ultrasonik untuk mengubah obat cair menjadi obat dalam bentuk uap. Kedua jenis nebulizer ini menjadi nebulizer yang umum digunakan dalam pengobatan penyakit gangguan pernapasan seperti penyakit asma.



Jenis Nebulizer
Nebulizer kompresor omron Ne-c28

Nebulizer ultrasonic ABN MeshNeb


Jenis Nebulizer Jet atau nebulizer Kompressor

Jenis nebulizer jet atau nebulizer kompresor ini dapat bekerja dengan menggunakan pompa sebagai alat untuk mendorong udara. Alat ini bekerja dengan mengalirkan udara dengan menggunakan pompa melewati selang ke dalam wadah obat. Di dalam wadah obat tersebut terdapat obat dalam bentu cair yang bercampur dengan udara. Sehingga obat tersebut dapat berubah bentuk menjadi obat dlam bentuk uap. Obat uap ini dapat dihisap oleh pasien agar dapat bekerja tepat sasaran pada saluran pernapasan pasien.

Jenis Nebulizer Ultrasonik

Jenis nebulizer ultrasonik ini dapat mengubah obat dalam bentuk cair menjadi obat dalam bentuk uap. Neblizer ultrasonik ini bekerja dengan cara menggunakan gelombang ultasonik untuk mengubah obat dalam bentuk cair menjadi obat dalam bentuk uap. Alat ini menggunakan getaran tertentu untuk mengubah obat tersebut menjadi uap. Terdapat beberapa keunggulan dari nebulizer ultrasonik dibandingkan dengan alat nebulizer kompressor. Diantaranya ialah alat nebulizer ultrasonik memiliki suara yang lebih halus bila dibandingkan dengan alat nebulizer kompressor. Selain itu pada nebulizer ultrasonik menghasilkan partikel obat yang lebih kecil dibandingkan dengan partikel obat yang dihasilkan oleh nebulizer kompressor.

Disamping perbedaan diantara kedua jenis alat nebulizer ini, terdapat persamaan diantara keduanya. Persamaan tersebut terletak pada cara penggunaan nebulizer. Cara menggunakan alat nebulizer ini meliputi beberapa langkah diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Mempersiapkan alat dan bahan yang akan di gunakan seperti alat nebulizer, tabung tekanan udara, selang oksigen, obat-obatan dan NaCl.
  • Meletakkan nebulizer pada permukaan atau bidang yang datar serta kuat. Bidang yang kuat ini diusahakan dapat menahan berat dari nebulizer tersebut. Kemudian lepaskan selang dari nebulizer tersebut.
  • Mencuci tangan dibawah air mengalir dengan menggunakan sabun dan teknik 7 langkah mencuci tangan.
  • Menghitung dosis obat sesuai dengan anjuran atau instruksi dokter.
  • Memasang bagian sungkup atau masker nebulizer pada pasien.
  • Menghubungkan pipa ke mesin nebulizer bagian kompresor dan tutup nebulizer.
  • Menghidupkan alat nebulizer ini dengan menekan tombol menyala pada nebulizer. Hal ini dilakukan juga untuk memastikan bahwa alat nebulizer ini dapat bekerja dengan baik.
  • Memposisikan pasien dalam posisi duduk tegak. Bila pasien tersebut masih anak-anak maka dapat dipangku oleh orangtuanya. Sedangkan untuk pasien dewasa dapat duduk di kursi.
  • Memasang masker pada tempat yang tepat dan nyaman di bagian wajah pasien. Apabila menggunakan mouthpiece tempatkan mouthpice tersebut pada pertengahan gigi dengan lidah.
  • Menganjurkan pasien untuk bernapas melalui mulut. Secara berulang anjurkan pasein untuk mengambil napas yang dalam kemudian menahan napas selama 2 sampai 3 detik sebelum napas dilepaskan. Lakukan hal ini secara berulang sampai obat yang ada dalam nebulizer habis. Biasanya obat akan habis dalam waktu 9 sampai dengan 10 menit. Apabila selama terapi ini dilakukan terdapat keluhan pusing atau gelisah, maka sebaiknya tindakan ini dihentikan untuk sementara.



Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • bahantutorial.blogspot.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :