Kegunaan Nebulizer

Kegunaan nebulizer adalah untuk merubah obat dari bentuk cair ke bentuk partikel aerosol. Kegunaan nebulizer ini untuk mengantarkan obat secara langsung ke paru – paru sehingga penggunaan obat menggunakan alat nebulizer memiliki efektivitas lebih tinggi daripada oral. Selain itu kegunaan nebulizer lainya yaitu bisa di katakan bahwa nebulizer bisa dikatakan lebih baik daripada obat oral karena tidak mengendap dalam darah. kegunaan nebulizer selanjutnya adalah dahak akan lebih encer dan saluran napas menjadi lega sehingga dahak bisa dikeluarkan. Kegunaan nebulizer ini bisa langsung terasa.


Nebulizer merupakan suatu alat dengan mesin tekanan udara yang membantu untuk pengobatan penyakit asma dalam bantuk uap atau aerosol basah. Nebulizer teridiri dari tutup mounthpiece yang dihubungkan dengan suatu bagian atau masker, pipa plastic yang di hubungkan ke mesin tekanan udara.Nebulizer dapat menimbulkan efek samping jika digunakan terlalu sering, hal tersebut di sebabkan karena dapat menimbulkan iritasi pada saluran napas. Namun efek negatif yang ditimbulkan olah nebulizer lebih sedikit daripada efek samping penggunaan obat oral. Efek negative yang di timbulkan nebulizer biasanya mengembangnya infeksi jamur pada mulut dan suara serak, tapi kondisi tersebut sangat jarang ditemui. Untuk mengindari efek negative tersebut dokter menyarakan kepada penderit bahwa setelah menggunakan nebulizer harus membilas mulut.

Perbedaan Inhaler dengan Nebulizer

Nebulizer dan inhaler merupakan kedua alat yang digunakan untuk pemberian obat yang langsung di salurkan ke paru-paru, namun kedua alat ini memiliki perbedaan, diantaranya:

  • Inhaler merupakan alat berukuran kompak sehingga mudah untuk di bawa. Sedangkan nebulizer merupakan alat inhalasi berupa mesin yang mengubah obat asma bentuk cair ke dalam bentuk uap.
  • Inhaler memiliki 2 jenis yaitu metered dose inhaler (MDI) dan Dry Powder Inhalers (DPI). MDI merupakan inhaler yang paling umum diresepkan oleh dokter, inhaler ini dikemas dalam bentuk kaleng aerosol mini, ketika di tekan untuk digunakan, inhaler ini menyemburkan obat dengan tekanan terukur. Inhaler tipe DPI merupakan inhaler untuk menyalurkan obat yang berbentuk bubuk, untuk menggunakan DPI penderita harus menghirup bubuk obat dengan cepat dan bertenaga. Sedangkan, nebulizer memiliki bentuk dan ukuran yang bermacam – macam, namun biasanya nebulizer menimbulkan suara cukup bising, bentuknya umumnya besar, dan membutuhkan daya listrik.


Kegunaan Nebulizer dan Cara Menggunakannya

Nebulizer merupakan alat yang memiliki kegunaan untuk mengobati dan menangani asma yang lebih efektif, sehingga alat ini menjadi alat yang dibutuhkan oleh penderita asma. Namun seringkali seseorang tidak paham menggunakan alat ini ketika akan membantu penderita asma yang sedang terjadi serangan, untuk membantu menggunakan nebulizer, karena alat ini terlihat cukup rumit. Berukut ini merupakan prosedur perawatan dengan nebulizer:

  • Letakan kompresor udara pada permukaan yang mendukung untuk beratnya. Lepaskan selang dari kompresor.
  • Sebelum memulai, cuci tangan menggunakan sabun, kemudian keringkan.
  • Atur dosis obat yang diberikan dengan tepat sesuai dengan resep dokter, dan masukan ke dalam tutup nebulizer.
  • Pasang tutup nebulizer pada masker atau corong.
  • Hubungkan pipa ke kompresor aerosol dan tutup nebulizer.
  • Nyalakan kompresor untuk mencoba atau memastikan alat tersebut bekerja dengan baik.
  • Posisikan penderita dengan nyaman.
  • Apabila menggunakan masker, letakan dalam posisi yang tepat dan nyaman pada bagian wajah.
  • Apabila menggunakan corong, letakan secara tepat antara gigi dan lidah.
  • Perintahkan penderita untuk bernafas secara normal lewat mulut. Secara periodik tarik nafas dalam dalam dan tahan selama 2 – 3 detik sebelum melepaskan napas.
  • Lanjutkan sampai obat habis biasanya antara 9 – 15 menit.
  • Apabila penderita penderita merasa gelisah atau pusing, hentikan perawatan dan istirahat selama kurang 5 menit.



Oleh : Bidan Esi
Sumber:

  • okezone.com, kidshealth.org dan renpra.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :