Nebulizer untuk Bayi

Nebulizer untuk bayi merupakan sebuah alat nebulizer yang berfungsi untuk mengubah obat nebulizer yang berbentuk cairan menjadi kabut atau uap yang dihirup oleh pasien untuk meredakan gejala penyakit asma. Terdapat beberapa jenis nebulzer yang dapat digunakan untuk bayi. Pada umumnya nebulizer untuk bayi terbagi menjadi 2 jenis yaitu:

  • Nebulizer untuk bayi yang menggunakan teknologi kompressor

Nebulizer ini menggunakan teknologikompressor yaitu dengan menggunakan pompa untuk mendorong udara agar masuk ke dalam wadah yang berisi campuran obat nebulizer dan udara yang kemudian diubah menjadi uap untuk dapat dihirup masuk ke dalam saluran pernapasan agar dapat mengurangi gejala penyakit asma. Dengan menggunakan nebulizer untuk bayi yang menggunakan teknologi kompressor ini biasanya partikel obat yang dihasilkan lebih besar dan suara alat yang dihasilkan dari alat ini lebih kasar.


Nebulizer untuk Bayi
nebulizer omron



  • Nebulizer untuk bayi yang menggunakan teknologi ultrasonik

Nebulizer untuk bayi yang menggunakan teknologi uktrasonik menggunakan getaran tertentu untuk mencampur antara obat nebulizer dan udara yang kemudian diubah menjadi uap. Nebulizer untuk bayi yang menggunakan teknologi ini menghasilkan partikel obat yang lebih kecil daripada partikel obat yang dihasilkan dari alat nebulizer untuk bayi yang menggunakan teknologi kompressor. Selain itu, alat ini menghasilkan suara yang lebih halus.

Dalam menggunakan nebulizer untuk bayi, bukan hanya alatnya saja yang harus diperhatikan melainkan obat nebulizernya pula. Dalam menggunakan obat nebulizer, tidak semua obat nebulizer cocok untuk bayi.untuk lebih dapat memastikan obat nebulizer yang cocok bagi bayi, lakukanlah konsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama mengenai dosis yang digunakan dikarenakan dosis obat nebulizer yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Apabila seorang bayi mengalami asma, dan intensitas penggunaan alat uapnya cukup sering, perhatikan pemicu alergennya seperti cokelat, debu, bulu binatang, ikan laut dan sebaganya. Bukan hanya memperhatikan akan obat nebulizernya saja, namun alergennya juga harus sangat dperhatikan agar gejala penyakit asma tidak sering kambuh


Cara Menggunakan Alat Nebulizer untuk Bayi

Dalam menggunakan alat nebulizer untuk bayi tentunya terdapat beberapa peralatan yang harus dpersiapkan terlebih dahulu agar penggunaan alat nebulizer lebih mudah digunakan. Peralatan yang harus dipersiapkan antara lain:

  • Alat nebulizer
  • Nabulizer cup (cangkir yang digunakan untuk memasukan obat)
  • Obat yang diberikan dokter sesuai dengan dosis yang telah ditentukan
  • Masker atau corong mulut


Setelah mempersiapkan peralatannya, adapun langkah-langkah menggunakan alat nebulizer untuk bayi antara lain sebagai berikut:

· Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan nebulizer

  • Isi nebulizer cup dengan obat yang telah disediakan sesuai dengan dosis yang yang telah dianjurkan oleh dokter.
  • Hubungkan corong atau masker ke nebulizer cup
  • Hubungkan selang dari kompressor ke nebulizer cup apabila menggunakan alat nebulizer jenis kompressor
  • Nyalakan alat nebulizer
  • Letakkan corong atau masker ke mulut bayi hingga obat dalam nebulizer cup habis. Pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit sampai obat dalam cup habis.
  • Setelah obat habis, bersihkan nebulizer cup dan corong atau masker dengan air, lalu keringkan untuk dapat digunakan kembali pada pengobatan selanjutnya.


Dalam memberikan obat nebulizer khusus untuk bayi melakukan konsultas dengan dokter terlebih dahulu merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena bayi masih lemah dan tidak dapat mendapatkan obat dengan dosis yang sembarangan karena dapat membahayakan dirinya. Maka dari itu dosis dalam memberikan obat nebulizer khusus untuk bayi haruslah sangat diperhatikan.






Oleh : Bidan Sulis
Sumber:

  • alatnebulizer.com








Terima kasih untuk Like/comment FB :