Prosedur Nebulizer

Prosedur nebulizer yang pertama harus diketahui adalah mempersiapkan peralatan atau barang-barang yang dibutuhkan seperti nebulizer cup, obat nebulizer yang tentunya obat nebulizer tersebut merupakan obat yang telah dianjurkan dan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter, masker atau corong mulut, dan alat nebulizer. Alat nebulizer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengubah cairan obat nebulizer menjadi uapa atau kabut yang dapat dihirup untuk pasien agar masuk ke dalam saluran pernapasan sehingga dapat membantu dalam menangani gejala penyakit asma yang di derita. Dalam menggunakan alat nebulizer, terdapat prosedur nebulizer yang harus diketahui. Prosedur nebulizer tersebut sangatlah penting untuk diketahui agar dalam penggunaannya tidak salah prosedur.


Prosedur Nebulizer
nebulizer ABN


Prosedur nebulizer yang selanjutnya yaitu langkah-langkah dalam menggunakan alat nebulizer. Setelah mempersiapkan barang-barang atau alat nebulizer terdapat prosedur nebulizer lain yaitu langkah-langkah dalam menggunakan alat nebulizer sebagai berikut:

  • Sebelum menggunakan alat nebulizer, cucilah tangan terlebih dahulu agar kebersihan dalam menggunakan alat nebulizer terjaga.
  • Isi nebulizer cup dengan obat yang telah disediakan. Obat nebulizer tersebut tentunya merupakan obat yang sesuai dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter.
  • Hubungkan corong atau masker ke nebulizer cup.
  • Hubungkan selang dari kompressor ke nebulizer cup apabila alat nebulizer yang digunakan merupakan alat nebulizer yang menggunakan teknologi kompressor.
  • Apabila alat nebulizer yang digunakan menggunakan teknologi ultrasonik, biasanya alat nebulizer tersebut tidak perlu dihubungkan dengan listrik untuk menghidupkannya dan alat nebulizer tersebut biasanya menggunakan batrai, sehingga cukup dengan menekan tombol on untuk menghidupkan alat nebulizer tersebut.
  • Setelah itu, nyalakan alat nebulizer.
  • Letakkan corong atau masker ke mulut, kemudian bernapaslah dengan mulut (jika menggunakan corong) sampai obat dalam nebulizer cup habis. Biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit sampai obat dalam cup habis.
  • Setelah obat habis, matikan alat nebulizer. Bersihkan nebulizer cup dan corong atau masker dengan air, lalu keringkan untuk dapat digunakan kembali pada pengobatan selanjutnya.


Prosedur nebulizer diatas sangatlah penting untuk diketahui. Prosedur nebulizer biasanya akan terdapat pada brosur alat nebulizer tersebut atau terdapat pada buku pedoman apabila ada. Dengan menggunakan nebulizer, hal tersebut sangatlah membantu dalam mengurangi gejala asma yang diderita oleh pasien.

Obat dalam Prosedur Nebulizer

Dalam menggunakan nebulizer terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti obat nebulizer. Dalam menggunakan obat nebulizer sangatlah perlu diperhatikan bahwa tidak semua obat nebulizer cocok bagi penderita asma. Obat nebulizer yang biasanya digunakan yaitu Pulmicort. Pulmicort adalah obat nebulizer yang merupakan perpaduan anti radang dan obat yang dapat melegakan saluran pernapasan. Pulmicort memiliki bahan aktif berupa budesonide. Bahan aktif Budesonide, dalam direkomendasikan dosis, anti-inflamasi di bronchi, memiliki efek samping yang minimal dibandingkan dengan kortikosteroid. Obat ini dapat meredakan gejala dan frekuensi dari eksaserbasi asma. Selain pulmicort, terdapat juga obat nebulizer yang lain yaitu Berotex. Obat nebulizer berotex memiliki fungsi untuk melegakan saluran pernapasan. Dosis yang dianjurkan dalam menggunakan obat ini yaitu untuk orang dewasa serta anak-anak dengan usia lebih dari 12 tahun yang mengalami episode asma yang akut diberkan dosis sebesar 0,5 mililiter per 10 tetes, sedangkan untuk kasus asma berat diberikan dosis yang lebih tinggi, mungkin diperlukan 1 sampai 1,25 mililiter per 20 sampai 25 tetes.

Dalam menentukan obat nebulizer yang sesuai atau cocok bagi penderita penyakit asma, sebaiknya lakukanlah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Biasanya dokter akan menentukan jenis obat dan dosis yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasien.







Oleh : Bidan Sulis
Sumber :

  • alatnebulizer.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :