Ventolin Nebules Adalah Obat

Ventolin nebules adalah salah satu obat nebulizer yang banyak digunakan. Ventolin nebules adalah obat nebulizer yang berupa cairan obat yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah serangan asma. Ventolin nebules dapat juga digunakan untuk mengatasi penyakit asma berat akut dan penanganan rutin bronkospaasme kronik yang tidak dapat memberi respon terhadap terapi konvensional. Dalam menggunakan ventolin nebules selain kegunaannya, terdapat kontra indikasi yang perlu diketahui sebelum menggunakan obat nebulizer ini. Kontra indikasi ventolin nebules adalah abortus yang dapat menagncam selama kehamilan menginjak usia trimester 1 dan trimester 2, penanganan persalinan prematur seperti plasenta previa, perdarahan antepartum atau toksemia gravidarum. Kemudian, obat ini juga memiliki efek samping yang perlu diketahui.

Informasi harga dan pembelian ALAT NEBULIZER klik disini

ventolin nebules adalah
 Nebulizer kompresor ABN compamist

ventolin nebules adalah
  Nebulizer portabel ultrasonic ABN Mesh Neb

ventolin nebules adalah
 Nebulizer kompresor Omron NE-C28

ventolin nebules adalah
Nebulizer kompresor omron Ne-C29


Efek samping ventolin nebules adalah takikardi, sakit kepala, tremor, iritasi mulut dan tenggorokan, kram otot. Selain itu, beberapa perhatian yang harus diwaspada dalam menggunakan ventolin nebules adalah steroid, diuretik, tirotoksikosis, glaukoma sudut tertutup akut, asma berat akut pada penggunaan bersama dengan derivat xantin, hamil dan laktasi. Dalam menggunakan ventolin nebules juga perlu dihindarkan kontak langsung antara mata dengan cairan obat dikarenakan hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada mata.

Ventolin Nebules Adalah Obat Asma

Ventolin nebules adalah obat nebulizer yang memiliki kandungan salbutamol sulfonate dimana zat tersebut merupakan β2-agonis selektif yang memberikan short-acting. Dalam menggunakan ventolin nebules ini terdapat beberapa hal yang perlu diketahui diantaranya yaitu dosis yang diberikan untuk penggunaan obat ventolin nebules.

Dosis Ventolin Nebules

Ventolin nebules adalah obat nebulizer yang dapat digunakan bagi semua umur. Namun, dalam pemberian dosis bagi anak dibawah 4 tahun tidak dianjurkan untuk menggunakan ventolin nebules sebagai obat nebulizer. Biasanya, dosis ventolin nebules yang diberikan pada anak-anak yang berusia 4 – 11 tahun yaitu sebanyak 2,5 sampai 5 mg sehari, sebanyak 4 kali dalam sehari. Kemudian, dosis yang diberikan bagi oranga dewasa (termasuk orang dewasa) juga sama hal nya dengan dosis yang diberikan kepada anak-anak yang berusia 4 – 11 tahun, hanya saja dalam dosis orang dewasa pemberian dosisnya dapat ditingkatkan sampai 40 mg dengan catatan pemberian dosis tersebut harus berada dalam pengawasan medis ketat yang dilakukan di rumah sakit. Dalam menggunakan ventolin nebules haruslah melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang sesuai dengan gejala dan kebutuhan pasien.

Obat Nebulizer Selain Ventolin Nebules

Selain ventolin nebules, terdapat beberapa obat nebulizer yang lainnya yang dapat digunakan seperti sebagai berikut:

Pulmicort

Pulmicort nebulizer adalah salah satu obat nebulizer yang banyak digunakan untuk mengatasi penyakit gangguan saluran pernapasan. pulmicort nebulizer adalah sebuah obat yang merupakan kombinasi antara obat anti radang dengan obat yang berfungsi untuk melonggarkan saluran napas. pulmicort nebulizer adalah sebuah obat yang memiliki kandungan bahan aktif budesonide yaitu sebuah zat yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala penyakit asma yang diderita oleh pasien.

Flexotide

Flexotide merupakan obat nebulizer yang memiliki komposisi fluticasone propionate. Nebulizer ini memiliki indikasi untuk meredakan gejala dan eksaserbasi asma pada pasien yang sebelumnya melakukan terapi dengan bronkodilator saja atau dengan terapi profilaksis lain. Profilaksis asma berat pada dewasa dan remaja lebih dari 16 tahun. Terapi eksaserbasi akut asma ringan sampai dengan sedang pada anak dan remaja 4-16 tahun. Dosis yang dianjurkan dalam menggunakan obat nebulizer ini yaitu untuk dewasa dan anak remaja lebih dari 16 tahun 500-2000mcg 2 kali sehari. obat ini juga memiliki efek samping yaitu kandidiasis pada mulut dan tenggorokan, rekasi hipersensitivitas pada kulit, suara serak, bronkospasme paradoksikal, retardasi pertumbuhan, supresi adrenal, katarak, penurunan densitas tulang dan glukoma.

Berotex

Berotex merupakan obat nebulizer yang memiliki fungsi untuk melonggarkan saluran pernapasan. Dosis yang dianjurkan dalam menggunakan obat ini yaitu pada orang dewasa dan anak-anak lebih dari 12 tahun dengan episode asma akut sebesar 0,5 ml/10 tetes, sedangkan pada kasus berat pemberian dosis lebih tinggi, mungkin diperlukan 1-1,25 ml/20-25 tetes.




Oleh : Bidan Sulis
Sumber:
  • alatnebulizer.com
  • apotikantar.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :