Apa Itu Nebulizer ?

Apa itu nebulizer ? Nebulizer merupakan hal yang sering kita dengar untuk pasien penderita penyakit asma. Maka dari itu, sangatlah penting bagi para penderita penyakit asma untuk mengetahui apa itu nebulizer. Apa itu nebulizer? Hal tersebut merupakan sebuah pertanyaan dasar yang penting untuk diketahui oleh pasien penderita penyakit asma. Dengan mengetahui apa itu nebulizer pasien yang menderita penyakit asma akan terbantu dalam mencegah terjadinya serangan penyakit asma yang dideritanya dan dengan apa itu nebulizer pasien akan dapat dengan cepat mengatasi serangan penyakit asma yang kambuh. Penjelasan mengenai apa itu nebulizer akan dijelaskan dibawah ini.


Nebulizer ABN

Nebulizer merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengubah obat nebulizer yang berbentuk cairan menjadi bentuak aerosol atau uap obat yang akan dikeluarkan secara terus menerus oleh nebulizer tersebut dengan menggunakan tenaga udara yang diperoleh dari hasil pompaan ada juga yang diperoleh melalui gelombang. Pada tahun 1859 nebulizer ditemukan di Perancis. Dengan ditemukannya nebulizer, hal tersebut menjadikan nebulizer merupakan alat yang digunakan untuk mengatasi penyakit asma yang terbaik yang digunakan untuk mengatasi kasus-kasus yang berhubungan dengan masalah obstruksi bronkus pada penderita asma atau PPOK (Penyakit Paru Obstruksi kronis) atau dengan masalah inflamasi.


Apa Itu Nebulizer Model

Terdapat beberapa model nebulizer yang dapat kita pakai, diantaranya sebagai berikut:

a. Nebulizer ultrasonik (ultrasonic nebulizer)

apa itu nebulizer
Nebulizer ultrasonic ABN

Nebulizer ultrasonik merupakan salah satu model alat nebulizer yang menggunakan gelombang ultrasonik yang secara perlahan akan mengubah obat nebulizer yang berbentuk cair menjadi uap obat atau aerosol. Dalam menggunakan alat nebulizer model ini, perlu diketahui terdapat obat nebulizer yang tidak bisa menggunakan alat nebulizer ini yaitu pulmicort.

b. Nebulizer kompresor (compressor nebulizer)

apa itu nebulizer
Nebulizer kompresor Omron NE-C28

Alat nebulizer model ini adalah salah satu alat nebulizer yang menggunakan tekanan udara bersumber di pipa pada tutup (cup) yang berisikan obat nebulizer berbentuk cair. Kemudian kekuatan tekanan udara yang dihasikan akan memecah cairan ke dalam bentuk partikel-partikel uap kecil yang dapat dihirup sehingga dapat dengan mudah masuk ke saluran pernapasan dan kemudian mengatasi serangan asma.

c. Nebulizer generasi yang baru (new generation nebulizer)

Alat nebulizer model ini adalah alat nebulizer yang bekerja tidak menggunakan ultrasonik maupun tekanan udara atau kompresor. Alat nebulizer ini berukuran kecil yang dioperasikan dengan menggunakan baterai dan tidak berisik.


Jenis Nebulizer

Alat nebulizer juga memiliki beberapa jenis diantaranya sebagai berikut:

a. Re-usable nebulizer

Re-usable nebulizer adalah jenis alat nebulizer yang dapat digunakan lebih lama sampai kurang lebih 6 bulan pemakaian. Dalam menggunakan alat nebulizer jenis ini terdapat beberapa keunggulan lebih apabila dibandingkan dengan jenis nebulizer yang lain. Salah satu keunggulan yang didapatkan dari alat nebulizer jenis ini yaitu desainnya yang komplek dan dapat menawarkan suatu perawatan dengan efektivitas yang ditingkatkan dari dosis pengobatan. Selain itu, keunggulan yang lainnya yaitu dapat direbus untuk proses deinfeksi atau pensterilan.

b. Disposible nebulizer

Disposible nebulizer merupakan jenis alat nebulizeryang sangat ideal digunakan di ruang gawat darurat atau di rumah sakit dengan perawatan jangka pendek, dan dalam situasi kegawatdaruratan. Jika alat nebulizer jenis ini disimpan di rumah dapat digunakan lebih dari satu kali dalam sehari jika dibersihkan setelah pemakaian. Alat nebulizer jenis ini pun dapat digunakan dalam 2 minggu berturut-turut jika alat nebulizer ini dibersihkan secara teratur. Alat ini dapat dengan mudah di bawa-bawa selama dalam perjalanan.



Oleh : Bidan Sulis
Sumber:
  • alatnebulizer.com
  • elyernawati.blogspot.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :