Obat Nebulizer Untuk Bayi

Obat nebulizer untuk bayi diberikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter yang memeriksa bayi tersebut. Obat nebulizer untuk bayi yang biasa digunakan dalam pengobatan gangguan pernapasan yang terjadi pada bayi diantaranya ialah ventolin, obat pengencer dahak, dan lain sebagainya. obat nebulizer untuk bayi tersebut tentunya diberikan sesuai dengan anjuran dokter anak yang menangani bayi tersebut. Kita sebagai orangtua biasanya memberikan terapi lanjutan sesuai dengan anjuran dokter anak tersebut. Obat serta dosis yang diberikan pun harus sesuai dengan anjuran dokter yang menangani.

Informasi harga dan pembelian ALAT NEBULIZER klik disini

Nebulizer kompresor ABN Compamist


Nebulizer ultrasonic portabel ABN

Obat Nebulizer Untuk Bayi
Nebulizer omron


Kita sebagai orang tua kadang kala tidak mengetahui obat apa saja yang dapat di berikan sebagai obat nebulizer untuk bayi. Sangatlah penting untuk kita bertanya hal tersebut kepada dokter yang menangani bayi kita. Selain itu, kita juga perlu mengetahui cara menggunakan alat nebulizer itu sendiri, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan tindakan nebulizer tanpa bantuan tenaga medis dan paramedis.

Namun, biasanya apabila melakukan nebulisasi pada bayi, harus meminta pertolongan pada petugas medis atau paramedis. Hal ini dikarenakan agar pemberian obat dapat dilakukan secara tepat. Artinya dosis dan jenis obat yang diberikan pada bayi dapat secara tepat diberikan. Obat nebulizer untuk bayi digunakan dengan dosis yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Penghitungan dosis biasanya dilakukan dengan membandingkan berat badan yang dimiliki oleh bayi tersebut.

Jenis-jenis Obat Nebulizer untuk Bayi

Obat yang digunakan dalam tindakan nebulisasi pada bayi ada beberapa macam. Berikut terdapat beberapa jenis-jenis obat nebulizer untuk bayi, diantaranya ialah :
  • Ventolin Nebules
Ventolin nebules merupakan salah satu obat yang diberikan pada bayi melalui alat nebulizer. Obat ini berisikan salbutamol cair. Agar hasilnya efektif dan tepat sasaran, maka salbutamol cair ini harus diubah dalam bentuk uap. Sehingga obat tersebut dapat mencapai tepat pada saluran pernapasan bayi. Dosis yang digunakan di sesuaikan dengan beratnya penyakit gangguan pernapasan yang di derita serta berat badan yang dimiliki oleh bayi tersebut.
  • Pulmicort
Pulmicort merupakan salah satu obat yang diberikan pada bayi melalui alat nebulizer. Obat ini berisikan kombinasi anti radang budesonide dengan obat yang melonggarkan saluran pernapasan. Agar hasilnya efektif dan tepat sasaran, maka pulmicort cair ini harus diubah dalam bentuk uap. Sehingga obat tersebut dapat mencapai tepat pada saluran pernapasan bayi. Dosis yang digunakan di sesuaikan dengan beratnya penyakit gangguan pernapasan yang di derita serta berat badan yang dimiliki oleh bayi tersebut.
  • NaCl
NaCl merupakan salah satu obat yang diberikan pada bayi melalui alat nebulizer. Obat ini berisikan garam fisiologis yang dapat mengencerkan dahak. Agar hasilnya efektif dan tepat sasaran, maka NaCl ini harus diubah dalam bentuk uap. Sehingga obat tersebut dapat mencapai tepat pada saluran pernapasan bayi. Dosis yang digunakan di sesuaikan dengan beratnya penyakit gangguan pernapasan yang di derita serta berat badan yang dimiliki oleh bayi tersebut.
  • Bisolvon Cair
Bisolvon cair merupakan salah satu obat yang diberikan pada bayi melalui alat nebulizer. Obat ini berisikan obat pengencer dahak. Agar hasilnya efektif dan tepat sasaran, maka bisolvon ini harus diubah dalam bentuk uap. Sehingga obat tersebut dapat mencapai tepat pada saluran pernapasan bayi. Dosis yang digunakan di sesuaikan dengan beratnya penyakit gangguan pernapasan yang di derita serta berat badan yang dimiliki oleh bayi tersebut.
  • Atroven
Atroven merupakan salah satu obat yang diberikan pada bayi melalui alat nebulizer. Obat ini berisikan obat ipratropium bromide untuk melonggarkan saluran pernapasan. Agar hasilnya efektif dan tepat sasaran, maka atroven ini harus diubah dalam bentuk uap. Sehingga obat tersebut dapat mencapai tepat pada saluran pernapasan bayi. Dosis yang digunakan di sesuaikan dengan beratnya penyakit gangguan pernapasan yang di derita serta berat badan yang dimiliki oleh bayi tersebut.



Oleh : Bidan Rina
Sumber :
  • fie21.blogspot.co.id




Terima kasih untuk Like/comment FB :