Dosis Pulmicort Nebulizer untuk Anak dan Dewasa

Dosis pulmicort nebulizer untuk anak ditentukan berdasarkan jenis gangguan pernapasan atau penyakit pernapasan yang dideritanya. Selain itu dosis pulmicort nebulizer ditentukanjuga  berdasarkan usia anak tersebut. Misalnya saja untuk pengobatan penyakit asma bronkial pada anak usia 3 bulan sampai dengan 12 tahun, maka dosis pulmicort nebulizer untuk anak yang digunakan ialah 0,5 sampai dengan 1 mg sebanyak 2 kali sehari, sedangkan untuk anak usia lebih dari 12 tahun, maka dosis pulmicort nebulizer untuk anak sama dengan dosis dewasa.

Informasi harga dan pembelian ALAT NEBULIZER klik di sini

 Nebulizer kompresor Omron NE-C28

 Nebulizer kompresor ABN Compamist

Nebulizer ultrasonic portabel polygreen

dosis pulmicort nebulizer untuk anak
Nebulizer portable ABN


Dosis Pulmicort Nebulizer untuk Anak dan Dewasa

Pulmicort untuk nebulizer memiliki sediaan cair dengan dosis 0,5 mg. Komposisi kualitatif dan kuantitatif dari pulmicort ialah Budesonide, 0,25 mg/ml. Setiap cairan 2 ml mengandung 0,5 mg budesonide. Pulmicort nebulizer tersedia dalam kemasan plastik unit dosis tunggal. Indikasi penggunaan pulmicort ini ialah sebagai non-terhalogenasi, kortikosteroid, budesonide, untuk digunakan pada asma bronkial, pada pasien yang menggunakan inhaler bertekanan atau formulasi bubuk kering atau tidak bekerja secara efektif.

Pulmicort nebulizer direkomendasikan juga untuk digunakan pada bayi dan anak-anak dengan croup (infeksi akut virus saluran pernapasan atas atau dikenal dengan laryngotracheobronchitis virus atau laringitis subglottica). Tentunya, dosis pulmicort nebulizer untuk anak harus sesuai dengan resep dokter.

Dosis Pulmicort nebulizer untuk anak dan dewasa harus disesuaikan dengan kebutuhan individu. Dosis pulmicort nebulizer untuk anak dan dewasa sangat bervariasi, tergantung pada peralatan nebulizer yang digunakan. Waktu Nebulisasi dan dosis yang disampaikan tergantung pada laju aliran, volume ruang nebulizer, dan volume pengisian.

Tingkat aliran udara dari 6-8 liter per menit melalui perangkat harus digunakan. Sebagian besar, volume pengisian nebulizer berkisar antara 2-4 ml. Dosis Pulmicort nebulizer untuk anak dan dewasa harus disesuaikan dengan kebutuhan individu. Dosis harus dikurangi untuk mempertahankan kontrol asma yang baik. Dosis tertinggi (2 mg per hari) untuk anak di bawah 12 tahun harus dipertimbangkan bagi anak dengan asma berat dan selama periode terbatas.

Ketika pengobatan dimulai, selama periode asma berat untuk sementara harus mengurangi atau menghentikan penggunaan glukokortikosteroid oral, dosis yang dianjurkan untuk penggunaan Pulmicort ialah:
  • Dewasa (termasuk orang tua), biasanya 1-2 mg dua kali sehari. Untuk kasus yang sangat parah dosis dapat lebih meningkat;
  • Anak 12 tahun dan lebih tua sama dengan dosis untuk orang dewasa;
  • Anak-anak 3 bulan sampai 12 tahun: 0,5-1 mg dua kali sehari.

Dosis pemeliharaan harus individual dengan dosis terendah sehingga menjaga pasien bebas gejala. Dosis untuk dewasa (termasuk orang tua dan anak-anak 12 tahun dan lebih tua), yaitu  0,5-1 mg dua kali sehari, sedangkan untuk anak-anak usia 3 bulan sampai 12 tahun, dosisnya sebanyak  0,25-0,5 mg dua kali sehari.

Pulmicort dapat mengganti dan mengurangi dosis glukokortikosteroid oral secara signifikan dan tetap mempertahankan kontrol terhadap asma. Ketika transferral dari steroid oral untuk Pulmicort dimulai, pasien harus dalam fase relatif stabil. Dosis tinggi Pulmicort kemudian diberikan dalam kombinasi dengan steroid dosis oral yang sebelumnya digunakan selama sekitar 10 hari. Setelah itu, dosis steroid oral harus bertahap dikurangi menjadi (misalnya dengan 2,5 miligram prednisolon atau setara setiap bulan) ke level terendah. Dalam banyak kasus, steroid oral Pulmicort dapat diganti.

Pulmicort dapat dicampur dengan 0,9% NaCl dan dengan cairan untuk Nebulisasi dari terbutaline, salbutamol, fenoterol, acetylcysteine, natrium kromoglikat, atau bromida ipratropium. Campuran harus digunakan dalam waktu 30 menit. Agar efek terapeutik meningkat sesuai dengan yang diinginkan, terutama pada pasien tanpa sekresi lendir utama dalam saluran pernapasannya, peningkatan dosis dari Pulmicort dianjurkan daripada pengobatan yang dikombinasikan dengan kortikosteroid oral karena  risikonya rendah terhadap efek sistemik.

Pada bayi dan anak-anak dengan croup, dosis biasa ialah 2 mg budesonide nebulised. Dosis ini diberikan sebagai pemberian tunggal atau dua dosis 1 mg dipisahkan selama 30 menit. Dosis dapat diulang setiap 12 jam  dan maksimal 36 jam atau sampai perbaikan klinis.

Pulmicort nebulizer harus digunakan bersamaan dengan nebulizer yang sesuai. Pulmicort harus diberikan melalui nebulizer jet yang dilengkapi dengan corong atau masker wajah yang cocok. Nebulizer harus terhubung ke kompresor udara dengan aliran udara yang memadai yakni 6-8 L/menit.



Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: medicines.org.uk



Terima kasih untuk Like/comment FB :