Alat Uap Pengencer Dahak (Nebulizer)

Alat uap pengencer dahak salah satunya ialah nebulizer. Tentunya, nebulizer dapat bekerja untuk mengencerkan dahak apabila disatukan dengan obat pengencer dahak. Contoh obat pengencer dahak ialah ambroxol. Ambroxol cair dimasukkan ke dalam alat nebulizer, kemudian alat nebulizer tersebut mengubah ambroxol cair menjadi uap. Ambroxol uap tersebut diisap oleh penderita batuk berdahak.

Alat uap pengencer dahak bekerja secara efektif apabila digunakan secara benar. Hal terpenting ialah pada saat perawatan nebu dilakukan, pastikan tidak ada udara keluar melalui corong atau masker sehingga obat terisap dengan sempurna.

Informasi harga dan pembelian ALAT NEBULIZER klik di sini

 Nebulizer kompresor Omron NEC 28

 Nebulizer kompresor Omron NEC 801

Nebulizer kompresor Philips

alat uap pengencer dahak
Nebulizer Ultrasonic Omron NE-U17


Selama perawatan untuk mengencerkan dahak dengan menggunakan nebulizer, jika obat menempel pada sisi cangkir nebulizer, Anda dapat menggoyangkan cangkir untuk melepaskan tetesan obat tersebut. Anda harus mengetahui frekuensi penggunaan nebulizer dan berapa lama Anda harus menggunakannya. Hal tersebut dapat Anda peroleh dengan menanyakan langsung pada dokter yang menangani Anda.

Nebulizer Alat Uap Pengencer Dahak

Nebulizer alat uap pengencer dahak terdiri dari nebulizer nonportabel dan nebulizer portabel. Menggunakan nebulizer portabel lebih mirip dengan menggunakan nebulizer nonportabel, perbedaannya terletak pada sumber tenaga nebulizer tersebut. Kebanyakan model nebulizer saat ini memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga dapat dipegang tangan saat digunakan.

Pembersihan dan desinfeksi peralatan nebulizer dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Pembersihan harus dilakukan di daerah debu dan bebas asap rokok dan jauh dari jendela terbuka.

Berikut terdapat tips untuk membersihkan nebulizer alat uap pengencer dahak, yaitu :
  • Setelah alat uap pengencer dahak jenis nebulizer digunakan, bilas cangkir nebulizer secara menyeluruh dengan air hangat, bilas dengan air mengalir, dan biarkan kering. Pada akhir perawatan dengan menggunakan nebulizer setiap hari, nebulizer cup, masker, atau corong harus dicuci dalam air sabun hangat dengan menggunakan detergen dengan konsentrat yang ringan, dibilas secara menyeluruh dan dibiarkan dalam udara yang kering. Anda tidak perlu untuk membersihkan tabung kompresor;
  • Setiap hari ketiga, setelah dicuci, desinfeksi peralatan dengan menggunakan cairan desinfektan;
  • Bersihkan dan  simpan nebulizer alat uap pengencer dahak dengan menutup bagian kompresor dengan menggunakan kain bersih. Jangan menaruh kompresor udara di lantai baik untuk digunakan atau untuk penyimpanan.

Obat-obatan harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Beberapa obat memerlukan pendinginan dan beberapa memerlukan perlindungan dari cahaya. Periksa obat-obat tersebut sesering mungkin. Jika obat tersebut sudah berubah warna atau kristal mulai terbentuk, buang dan ganti dengan yang baru. Tentunya obat-obatan tersebut harus berdasarkan pada resep dokter.

Anda harus selalu menyediakan cangkir ekstra untuk nebulizer, masker, atau corong jika Anda membutuhkannya. Periksa saringan udara kompresor dan mengganti atau membersihkannya sesuai dengan arahan dari buku panduan nebulizer.

Apabila alat nebulizer yang Anda miliki mengalami kerusakan dan masih dalam masa garansi, Anda dapat mengklaim garansi yang ditawarkan oleh distributor alat tersebut. Garansi berlaku hanya pada bagian-bagian tertentu dari alat nebulizer. Maka dari itu, agar terhindar dari kerusakan, rawat alat nebulizer sebaik mungkin.



Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: webmd.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :