Inhalasi Adalah Proses Bernapas

Inhalasi adalah suatu proses untuk memasukkan udara atau oksigen ke dalam saluran pernapasan. Inhalasi adalah hal yang penting dalam bernapas karena  tanpa inhalasi kita tidak dapat hidup. Hal ini sangat penting untuk kehidupan dan terjadi secara otomatis. Jika kita tidak bernapas, kita tidak bisa hidup.  Setiap hari kita menghirup udara sekitar 20.000 kali. Semua pernapasan ini tidak bisa terjadi tanpa bantuan dari sistem pernapasan yang meliputi hidung, tenggorokan, kotak suara, tenggorokan, dan paru-paru. Dalam setiap napas, Anda mengambil udara melalui lubang hidung dan mulut, dan paru-paru Anda mengisi dan mengosongkan udara tersebut. Seperti udara yang dihirup, selaput lendir hidung dan mulut dapat menghangatkan dan melembapkan udara.


inhalasi adalah
Nebulizer Omron

Meskipun kita tidak bisa melihatnya, udara yang kita hirup terdiri dari beberapa gas. Oksigen adalah gas yang paling penting untuk menjaga kita tetap hidup karena sel-sel tubuh membutuhkannya untuk energi dan pertumbuhan. Tanpa oksigen, sel-sel tubuh akan mati. Karbon dioksida adalah gas sisa yang dihasilkan ketika karbon dikombinasikan dengan oksigen sebagai bagian dari proses pengambilan energi tubuh. Paru-paru dan sistem pernapasan memungkinkan oksigen di udara yang akan diambil ke dalam tubuh, sementara juga memungkinkan tubuh untuk membuang karbon dioksida keluar melalui pernapasan.

Inhalasi Adalah Proses Bernapas

Inhalasi adalah proses bernapas yang paling penting untuk dilakukan oleh semua makhluk hidup. Tanpa bernapas, makhluk hidup tersebut akan mati. Inhalasi ialah proses memasukan udara ke dalam saluran pernapasan. Inhalasi adalah hal yang penting untuk setiap makhluk hidup. Inhalasi adalah proses bernapas sehingga disebut juga sebagai proses respirasi.

Respirasi adalah istilah untuk pertukaran oksigen dari karbon dioksida pada sel-sel tubuh. Proses pengambilan udara ke paru-paru disebut inhalasi atau inspirasi. Sedangkan proses udara keluar dinamakan ekspirasi, bahkan jika udara yang Anda hirup kotor atau tercemar, sistem pernapasan dapat menyaring benda asing dan organisme yang masuk melalui hidung dan mulut. Polutan napas atau batuk akan keluar, dihancurkan oleh cairan pencernaan, atau dimakan oleh mikrofag, yakni  sejenis sel darah yang berpatroli di tubuh mencari kuman untuk menghancurkannya.

Rambut kecil yang disebut silia melindungi lorong hidung dan bagian lain dari saluran pernapasan, menyaring debu dan partikel lain yang masuk ke hidung dengan udara. Seperti udara yang dihirup, silia bergerak maju mundur, mendorong setiap benda asing (seperti debu) baik ke arah hidung, di mana ia pecah, atau ke arah faring, di mana perjalanan melalui sistem pencernaan dan dengan sisa limbah tubuh.

Pernapasan dapat mengalami beberapa gangguan pernapasan atau pun penyakit yang sering terjadi pada saluran pernapasan. Banyak faktor termasuk genetika, polusi dan iritan, dan penyakit menular - dapat memengaruhi kesehatan paru-paru dan sistem pernapasan dan menyebabkan masalah pernapasan. Masalah sistem pernapasan yang dapat terjadi di antaranya ialah :
  • Asma. Lebih dari 20 juta orang menderita asma di Amerika Serikat. Asma adalah penyakit jangka panjang, penyakit paru-paru inflamasi yang menyebabkan saluran udara untuk mengencangkan dan sempit ketika seseorang dengan kondisi datang ke dalam kontak dengan iritan seperti asap rokok, debu, atau bulu hewan peliharaan;
  • Bronkitis. Bronkitis banyak terjadi pada orang-orang yang merokok. Pada bronkitis, selaput yang melapisi saluran bronkial yang lebih besar menjadi meradang dan jumlah yang berlebihan dari lendir diproduksi;
  • Flu dan pilek. Pilek disebabkan oleh lebih dari 200 virus yang berbeda yang menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan bagian atas. Pilek adalah infeksi saluran pernapasan yang paling umum. Gejala yang mungkin terjadi termasuk demam ringan, batuk, sakit kepala, pilek, bersin, dan sakit tenggorokan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: teenshealth.org



Terima kasih untuk Like/comment FB :