Alat Inhalasi Aeorosol (Nebulizer)

Alat inhalasi adalah  alat yang digunakan untuk membantu memasukan udara ke dalam saluran pernapasan. Salah satu alat inhalasi contohnya ialah nebulizer. Nebulizer merupakan alat inhalasi yang dapat mengubah obat cair menjadi obat dalam sediaan uap. Disebut alat inhalasi karena nebulizer membantu pernapasan. Nebulizer membuat udara tercampur dengan obat yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Biasanya nebulizer digunakan untuk terapi asma atau gangguan pernapasan lainnya seperti mengencerkan dahak, dan sebagainya.




alat inhalasi
Nebulizer ABN


Alat Inhalasi Nebulizer

Alat inhalasi nebulizer tidak dapat digunakan sendiri. Diperlukan obat cair agar alat ini dapat mengubahnya menjadi bentuk uap. Ada berbagai jenis obat asma resep yang dapat digunakan dengan kompresor aerosol (atau nebulizer). Di antaranya ialah :
  • Obat dengan reaksi cepat. Obat ini digunakan sebagai bantuan untuk mengurangi peradangan saluran napas, pembengkakan bronkus, dan kelebihan produksi lendir;
    Obat kontrol jangka panjang dan obat-obatan yang membantu mengelola gejala yang terjadi setiap hari;
  • Obat reaksi cepat, seperti albuterol membantu meringankan gejala asma yang terjadi secara mendadak. Obat ini biasanya mulai bekerja 5 sampai 15 menit setelah pengobatan dan biasanya dapat diberikan setiap 3 sampai 4 jam, tergantung pada instruksi penyedia layanan kesehatan Anda;
  • Obat pencegahan seperti steroid dan inhibitor-sel mast membantu mengelola gejala. Sebuah bronkodilator dapat digunakan untuk meningkatkan aliran udara. Steroid (kortikosteroid) yang digunakan sekali atau dua kali sehari bekerja untuk mengendalikan peradangan dan dapat mengurangi peradangan.


Beberapa obat hanya kompatibel dengan jenis tertentu dengan nebulizer yang digunakan. Penyedia layanan kesehatan akan memberitahu Anda jenis nebulizer yang dapat bekerja dengan obat yang Anda gunakan. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk menentukan nebulizer portabel dan nonportabel, pertimbangkan kebutuhan dan keunggulan dari kedua jenis nebulizer tersebut.

Anda akan memilih nebulizer nonportabel apabila :
  • Anda sering di rumah;
  • Harga yang lebih terjangkau.
  • Anda tidak khawatir dengan pengisian baterai.

Anda akan memilih membeli nebulizer portable apabila :
  • Banyak aktivitas di luar;
  • Sering melakukan perjalanan;
  • Anda lebih memilih model yang lebih kecil dan mudah dibawa.

Beberapa orang lebih memilih untuk membeli kedua jenis nebulizer untuk kenyamanan. Jika Anda tidak yakin tentang jenis nebulizer yang akan dibeli, ada baiknya Anda memilih nebulizer portabel karena  nebulizer ini menawarkan fleksibilitas yang lebih besar.

Nebulizer adalah investasi dalam kesehatan. Oleh karena itu, pilihlah unit yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Bila masih kebingungan, Anda dapat mengikuti tips berikut:
  • Bicaralah dengan dokter Anda tentang gejala Anda, diagnosis, dan rencana pengobatan. Jika nebulizer adalah pengobatan yang tepat untuk Anda, cari tahu apa jenis obat-obatan akan diresepkan dan seberapa sering Anda akan menggunakan nebulizer;
  • Anda harus tahu di mana dan kapan akan menggunakan nebulizer. Tergantung pada gaya hidup Anda, Anda mungkin perlu membeli nebulizer untuk digunakan di rumah atau model portabel bila Anda masih bekerja, bersekolah, atau sering berwisata.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: justnebulizers.com





Terima kasih untuk Like/comment FB :