Alat Nebulizer Harga Berbagai Merek (FAQ)

Alat nebulizer harga bervariasi bergantung pada kualitas yang dimiliki oleh alat nebulizer tersebut. Alat nebulizer harga berkisar di atas 500 ribu rupiah. Namun,  ada juga alat nebulizer berharga di bawah 500 ribu rupiah. Pada umumnya alat nebulizer dengan harga di bawah 500 ribu rupiah memiliki kualitas standar, sedangkan alat nebulizer dengan harga di atas 500 ribu rupiah memiliki kualitas cukup baik. Alat nebulizer dibutuhkan bagi Anda yang memiliki masalah pada sistem pernapasan atau menderita penyakit yang menyertai pernapasan seperti penyakit asma.



alat nebulizer harga
Nebulizer Omron


Alat Nebulizer Harga Berbagai Merek

Di toko Alkes tersedia alat nebulizer dengan harga bervariasi dari berbagai merek. Seperti nebulizer merek  Omron, ABN, dengan beragam tipe atau model. Harga alat nebulizer dibandrol dengan harga di bawah 500 ribu rupiah, bahkan ada pula harga di atas 500 ribu rupiah. Tentunya semakin mahal harga alat nebulizer, spesifikasi yang dimilikinya pun semakin lengkap.

Alat nebulizer sering digunakan untuk pengobatan penyakit yang mengganggu saluran pernapasan. Tidak hanya orang dewasa, alat nebulizer juga terkadang digunakan oleh anak-anak dan bayi. Nebulization juga disebut sebagai pengobatan pernapasan. Alat ini intinya membantu proses penyampaian obat atau kombinasi obat-obatan secara aerosol.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai nebulizer.

Apakah nebulizer itu?
Nebulizer adalah sebuah mesin yang memegang sejumlah kecil cairan obat tertentu atau saline normal. Cairan  ini kemudian diubah menjadi aerosol, yang merupakan campuran dari gas dan partikel cair. Aerosol  ini dapat dihirup melalui hidung/mulut dengan atau tanpa bantuan masker wajah.

Bagaimana cara kerja dari nebulizer?
Nebulizer memecah cairan ke dalam awan kecil berupa tetesan air di udara baik dengan menggunakan oksigen, daya ultrasonic atau udara terkompresi. Aerosol ini kemudian dihirup oleh orang yang menggunakannya.

Apa jenis obat-obatan yang dapat digunakan untuk nebuliser?
Nebulizer dapat digunakan dalam dua cara yaitu dengan cairan nonobat dan dengan cairan dengan obat. Cairan nonobat adalah cairan normal saline yang biasa digunakan untuk membantu melembapkan hidung kering dengan cara membasahi selaput lendir, sedangkan dengan cairan obat digunakan untuk pasien dengan penyakit pernapasan seperti rhinitis alergi, asma, PPOK dan dalam beberapa kasus cystic fibrosis. Untuk pasien asma, bronkodilator atau combo bronkodilator dan kortikosteroid merupakan obat yang digunakan.

Bagaimana nebulisasi dapat meringankan hidung tersumbat?
Nebulisasi dapat membantu untuk melembapkan membran mukosa kering.  Selain itu, nebulisasi dapat membersihkan hidung kering dan pengap dengan melonggarkan lendir yang terjebak dalam saluran udara. Hal ini melebarkan bagian pernapasan dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas.

Apakah Nebulisasi hanya dapat digunakan oleh orang dewasa saja?
Ini tidak benar. Nebulisasi sangat efektif dan baik untuk anak-anak kecil. Sulit bagi anak-anak kecil untuk meludahkan dahak seperti anak-anak remaja atau orang dewasa. Jadi, nebulisasi untuk bayi sangat efektif dalam memberikan bantuan dari kesulitan bernapas karena hidung tersumbat.

Apakah nebulisasi dilakukan hanya oleh mereka yang menderita asma?
Banyak orang yang takut pengobatan nebulisasi untuk anak-anak, mereka berpikir itu nebulisasi hanya untuk pasien asma. Nebulisasi digunakan untuk berbagai kondisi seperti asma, PPOK, bronchiolitis, fibrosis kistik dan untuk beberapa penyakit pernapasan lainnya.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: bumpsnbaby.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :