Compressor Nebulizer atau Kompresor Jet

Compressor nebulizer merupakan bagian dari nebulizer. Compressor nebulizer terhubung pada nebulizer. Kompresor inilah yang membuat tekanan udara sehingga udara bergerak dalam kecepatan yang tinggi. Udara dengan kecepatan tinggi tersebut bergerak melalui cairan obat sehingga dapat memecah cairan obat tersebut menjadi partikel yang lebih kecil lagi yaitu uap atau aerosol. Uap hasil pemecahan obat cair tersebut diisap oleh pasien yang sedang menjalankan terapi untuk mengatasi penyakit atau gangguan pada saluran pernapasan.



comppressor nebulizer
Nebulizer Polygreen

Compressor Nebulizer atau Jet

Compressor nebulizer sering disebut juga dengan nebulizer jet. Compressor nebulizer menghasilkan suara yang bising, tetapi  ada juga alat nebulizer dengan compressor nebulizer yang dilengkapi dengan alat peredam bising. Nebulizer yang memiliki kompresor ini sering digunakan di rumah sakit ataupun penggunaan pribadi di rumah.

Compressor nebulizer sering digunakan pada pasien yang mengalami kesulitan untuk menggunakan inhaler. Alat nebulizer ini membutuhkan tenaga daya berupa listrik sehingga  dalam penggunaannya alat nebulizer ini selalu dihubungkan dengan sumber arus listrik. Cara menghubungkannya dengan sumber arus listrik yaitu cukup dengan mencolokkan kabel fitting pada stop kontak. Hati-hati pada saat memasukkan kabel fitting pada stop kontak.

Alat nebulizer yang menggunakan compressor nebulizer kurang praktis untuk digunakan karena tidak mudah untuk dibawa ke mana-mana. Di samping itu, ukurannya pun lebih besar dibandingkan dengan alat nebulizer jenis lainnya sehingga alat nebulizer ini cocok digunakan pada saat di rumah atau dalam masa perawatan di rumah sakit.

Namun,  alat nebulizer ini memiliki kelebihan bila dilihat dari sisi harganya. Harga alat nebulizer jenis ini jauh lebih murah dibandingkan dengan alat nebulizer jenis lainnya. Penggunaannya mudah dan alat nebulizer ini tidak mudah panas walaupun digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu, alat nebulizer ini juga awet atau tahan lama. Alat ini juga mudah dibersihkan setelah digunakan. Alat nebulizer dengan compressor nebulizer biasanya memiliki berat yang cukup berat sehingga untuk membawanya diperlukan tas khusus agar lebih ringan dibawa ke mana saja.

Alat nebulizer sering digunakan bersamaan dengan obat-obatan lainnya. Tentunya obat-obatan tersebut merupakan obat-obatan yang digunakan untuk menangani gangguan pada sistem pernapasan. Salah satu obat-obatan yang digunakan bersamaan dengan nebulizer ialah obat ventolin nebule. Obat ventolin nebule berisikan salbutamol yang efektif untuk mengatasi penyakit asma.

Ventoline nebule hanya digunakan untuk terapi inhalasi. Biasanya obat ventolin ini diberikan dalam dosis tunggal atau tanpa dicampur dengan obat lainnya. Namun,   apabila terapi yang diberikan lebih dari 10 menit, maka diperlukan cairan NaCl untuk dicampurkan bersamaan dengan ventolin nebule. Ventoline nebule jangan digunakan pada orang yang memiliki hipersensitifitas pada kandungan aktif yang terdapat dalam ventoline.

Adapun penggunaan Ventolin Nebules hanya untuk penggunaan inhalasi saja. Caranya dengan dihirup melalui mulut sesuai dengan arahan dokter. Untuk dewasa (termasuk orang tua) dosis yang dipakai 2,5 mg sampai 5 mg salbutamol hingga empat kali sehari hingga 40 mg per hari, sedangkan untuk anak-anak berusia 4-11 tahun, dosis yang diberikan 2,5 mg sampai 5 mg hingga empat kali sehari.  Bentuk farmasi lain mungkin lebih tepat untuk pemberian pada anak-anak di bawah usia 4 tahun dan untuk bayi di bawah 18 bulan.



Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: medicines.org.uk



Terima kasih untuk Like/comment FB :